Penyebab Maksiat

Taufik Abu fatih Reply 2:13 PM
Sore,

Seusai shalat isya tadi, saya teringat dengan perkataan seorang ustadz, ketika mengikuti tahrib ramadhan minggu lalu.
Bahwa yang menyebabkan manusia melakukan dosa/ maksiat/ kejahatan adalah karena dua hal. Yang pertama karena subhat dan yang kedua karena syahwat.

Apa maksudnya kedua hal itu?
Subhat adalah keragu - raguan, tapi dalam hal ini dimaksudkan adalah karena bodoh atau sedikit ilmu. Artinya orang yang melakukan perbuatan dosa atau maksiat, itu karena tidak tahu kalo itu dosa. Karena tidak pernah belajar agama, sehingga ia bodoh dalan menjalani hidup.

Sedang yang kedua, karena syahwat. Artinya hawa nafsulah yang membuat individu melakukan dosa. Padahal ia sudah tahu bahwa itu dilarang.
Nah kebanyakan gara2 syahwat inilah yang membuat orang melakukan maksiat.

Dari dua alasan itu, kita dapat mengantisipasinya agar kita tidak termasuk orang ahli maksiat atau senang melakukan keburukan. Caranya, untuk mengatasi subhat adalah dengan ikut dalam forum pengajian rutin untuk memperdalam ilmu agama, sering membaca buku dll. Intinya berusaha dengan segala media yang ada untuk memperdalam ilmu agama.
Sedangkan untuk syahwat, sering2 lah berpuasa. Karena puasa menjadi benteng terhadap syahwat, begitulah sabda Rasulullah SAW.

Sekian sedikit sharing pengalaman, semoga kita menjadi insan yang selalu menaati Allah SWT. Aamiin.

Wallahu alam bissawab

Related Posts

Islam 3922328577247382785

Post a Comment

Satu kata sungguh berarti

Search

Follow us

Popular Posts